Minggu, 20 November 2011

Perbedaan Cowok dengan Cewek


Iseng-iseng...
Sedikit nyambung dengan postingan sebelumnya, postingan kali ini juga masih berbau pacar-memacar. Kali ini aku mencoba iseng-iseng menganalisis dengan pemikiran otak idiot tentang unsur pokok dalam pacaran, atau unsur yang harus ada. Unsur itu bukanlah batagor (NGAPAIN JUGA BATAGOR??!!). Unsur yang harus ada dalam pacaran itu adalah: COWOK DAN CEWEK. Ya, seperti yang tersebut dalam KBBI, pacaran adalah hubungan lawan jenis. Jadi cowok dengan cowok atau cewek dengan cewek itu nggak bisa disebut pacaran.
Seperti yang kita semua tahu, cowok dengan cewek adalah 2 makhluk yang sangat berbeda. Dan perbedaannya sangatlah elementer. Misal: cowok, kalo dicubit, bakalan tereak “ASU!!”. Sedangkan cewek kalo dicubit bakalan tereak “AUW, SAKIT TAU!! IH KAMU NAKAL BANGET DEH”. *Hal ini pernah dipraktekkan penulis.
Perbedaan lain: cowok kalo pipis berdiri, sedangkan cewek kalo pipis rapih. (emang gak nyambung, suka-suka penulis donk). Tentang perbedaan tersebut bahkan ada yang bilang kalo cowok itu berasal dari planet Mars, sedangkan cewek dari planet Anus, eh Venus.
Namun perbedaan yang akan dibicarakan lebih lanjut di sini hanyalah dalam hal pacaran. Mulai dari naksir, nembak, jadian/pacaran, sampe putus, cowok dengan cewek senantiasa berbeda.
***
Catatan: Namanya juga iseng, sample dalam analisis ini pun sangat simpel. Berhubung aku cowok, aku menggunakan diriku sendiri (baca: Fahmi) untuk dijadikan sebagai sample mewakili cowok ganteng masa kini. Untuk sample cewek, aku menggunakan seorang cewek berinisial A-D-I-S untuk dijadikan perwakilan cewek imbisil masa kini (Di facebook: Ardista Khairina, atau tuh liat member sebelah kiri).
Jadi, keakuratan atau kebenaran dari analisis ini sangat sangat sangat sangat DIRAGUKAN. Huehehehe... Bodo amat!
***
NAKSIR
Cewek, kalo lagi naksir seseorang biasanya “malu-malu kucing”, pengen sesuatu tapi cuma bisa mengeong pelan. Hal ini berbeda dengan cowok. Cowok kalo lagi naksir biasanya “mau-mau anjing”, begitu pengen sesuatu langsung mengguk-guk kenceng banget.
Berikut data wawancara yang dihasilkan dari sample:
Pertanyaannya sama, “Biasanya ngapain kalo lagi naksir seseorang?”
·         Cewek (ADIS): “Hmmm, biasanya sih buka-buka fb (facebook, ­-red), ngeliatin muluuu, terus kalo SMSan dikit aja udah seneng banget, padahal cuma pertanyaan bodoh.. haha.. kalo diliatin, terus dia ngeliat balik langsung senyum-senyum sendiri” (Ini naksir apa stress?)
·         Cowok (FAHMI): “Biasanya sih kalo lagi naksir sama seorang cewek aku akan liatin dia diam-diam, terus kalo dia liatin balik aku akan senyum-senyum. Terus paling buka fb-nya do’i. Terus kalo dapet SMS dari dia seneng banget”
LAH KOG SAMA????
Kesamaan ini menimbulkan dua asumsi:
1.      Adis yang meniru gaya cowok lagi naksir.
2.      Adis sebenernya adalah cowok. Hmm..
NEMBAK
Di Indonesia, ada semacam kesalahan birokrasi dalam hal tembak-menembak di ruang lingkup pacaran. Cowok seolah dituntut untuk melakukannya lebih dulu. Hal ini diperkuat oleh hasil wawancara dengan sample.
Pertanyaan: “Pernahkah ‘nembak’ seseorang? Kalo pernah, diterima atau ditolak? Kalo diterima perasaannya gimana? Kalo ditolak perasaannya gimana?”
·         Cewek (ADIS): “Belom pernaahhhh.. Sorry layau :p” (ternyata sample yang satu ini ALAY)
·       Cowok (FAHMI): “Pernah donk..... Diterima: pernah. Ditolak: sering. Kalo diterima perasaannya yah, seneng, seneng banget, berasa lebaran senengnya. Tapi kalo ditolak, yah, berhubung udah sering, perasaannya ya biasa aja. Paling biasanya pas ditolak aku bilang ‘iya gak papa, aku ngerti kog, aku terima keputusanmu’. Lalu pulang, lalu nangis di kamar mandi”
Bisa dilihat kan? Meskipun cowok yang nembak cewek, tapi malah cowok yang dijajah.
JADIAN/PACARAN
Kalo udah jadian, hal yang paling sering dilakukan oleh pasangan pacaran tentu jalan-jalan. Tentang jalan-jalan, yang jadi perbedaan antara cowok dengan cewek adalah soal selera. Terkadang perbedaan selera ini bisa menjadi faktor penyebab putusnya sebuah hubungan. Misal, si cowok suka nonton konser dangdut, sementara si cewek sukanya jazz, dijamin hubungannya gak akan bertahan lama. Jadi, buat cowok-cowok yang suka dangdut, jangan sekali-kali pilih cewek yang suka jazz, jangan ulangi kesalahan penulis.
Pertanyaan kepada sample: “Kalo udah jadian, biasanya jalan-jalan sama pacar ke mana? Ke tempat seperti apa?”
·         Cewek (ADIS): “Hhhmmm.. tergantung sih.. kalo pas jaman SMA paling jalannya ke yang deket-deket, paling mall. Kalo udah kuliah, ke tempat wisata yang masih satu kota. Hahaha” (padahal gak ada yang lucu)
·         Cowok (FAHMI): “Biasanya sih aku ngajak jalan nonton dangdut, tapi dianya gak pernah mau. Terus paling ngajak makan, di angkringan. Tapi habis pulang dari angkringan biasanya langsung putus.” (panteeeessss)
Pertanyaan kedua: “Biasanya paling sering SMS apa ke pacar?”
·         Cewek (ADIS): “Mas jemput.. haha” (sungguh, sample yang salah)
·         Cowok (FAHMI): “Emm, SMS paling sering, biasa sih, standar ‘udah maem belum?’.. terus biasanya dibales ‘udah.. kamu udah mandi belom?’.. gitu doank sih”
Bisa liat perbedaannya? Kalo bisa, tolong kasih tahu penulis.
PUTUS
Ini adalah hal yang paling ironi dalam pacaran. Sesuatu yang tak pernah diinginkan pastinya (di awal pacaran). Tentang putus, cowok dengan cewek memiliki perbedaan dalam menyikapinya. Tapi ada satu hal yang sama.
Pertanyaan: “Apa yang biasa dilakukan kalo habis putus?”
·         Cewek (ADIS): “Yah nangis laaahhhh.. tapi habis itu seminggu 2 minggu dapet lagi.. :p” (ternyata sample kita kali ini playboy, eh playgirl)
·         Cowok (FAHMI): “Pada dasarnya putus dengan ditolak itu hampir sama.. jadi hal yang biasa aku lakuin sehabis putus yah sama ketika habis ditolak. Bilang ‘iya gak papa, aku ngerti kog, aku terima keputusanmu’, pulang, terus nangis di kamar mandi”.
Bisa dilihat. Kesamaan dari keduanya adalah sama-sama nangis. Hanya saja, kalau cowok nangisnya lebih eksklusif. Tertutup.
***
Begitulah, sedikit pemikiranku yang sotoy mengenai pacar-memacar.
Ini ada kenang-kenangan dari Adis, yang mengimajinasikan gimana orang kalo nangis di kamar mandi. 
Bulu ketekku tidak segondrong itu Dis..

5 komentar:

  1. semoga tulisan lo mi bisa setara sama raditya dika atau arief muhammad.. amin!
    terus berkarir mi, tapi tulisannya jangan alay bahahahaha :p

    BalasHapus
  2. haha.. chipuu.. amin chipu.. aminn..:)
    Alay kan yang ngajarin kamu.. :P

    BalasHapus
  3. Kampreeettt fahmiiii. Iki jaman kapaaan jaaal. Haha

    BalasHapus