Selasa, 24 Januari 2012

Dikentutin "Pramoedya Ananta Toer" (+ilustrasi)


Aku. Kena. Karma.

Ya, sepertinya aku baru saja kena karma. Karma dalam hal perkentutan. Apa? Apa? Dalam hal apa?... Perkentutan, bolot. Masih belum ngeh? Sekali lagi ya, PERKENTUTAN!! (yang mau muntah, muntah aja!). Yah, aku yang punya kebiasaan ngentutin orang (serius, seru!), kemarin giliran aku merasakan bagaimana hinanya orang kalo dikentutin. Tapi orang yang ngentutin aku ini beda. Dia bukan orang biasa. Dia bukanlah Shera, temenku yang sudah berkali-kali aku kentutin kemudian balas dendam. Orang yang telah sukses ngentutin aku adalah.... ehm, “Pramoedya Ananta Toer”. Dalam tanda kutip loh, ya.

***
Jadi begini ceritanya...

Kemarin (Senin, 23-01-2012), aku nemenin adekku+beberapa temennya ke Gramedia Sudirman, di Jln. Sudirman Yogyakarta. Di sana, kita berpencar nyari buku sendiri-sendiri. Adekku+beberapa temennya yang sekarang kelas 3 SMA masuk ke kompleks buku-buku tentang UAN, ataupun tentang SNMPTN. Sementara aku, berhubung aku anak Sastra, aku masuk ke kompleks buku-buku sastra yang penuh novel-novel. Dan novel favoritku: Sang Penari.

Di saat lagi asik baca-baca beberapa buku yang udah kebuka plastiknya, datang seorang laki-laki yang kemudian berdiri di sebelah kananku. Laki-laki ini, atau yang lebih tepatnya kakek-kakek, juga liat-liat buku sastra, kayak yang lagi aku lakuin. Aku ngelirik ke kakek-kakek ini. Dan berikut deskripsinya:

Tinggi sekitar 160cm. Berat badan mungkin cuma 40kg, soalnya dia kurus banget. Kulitnya cukup putih kayak orang China, tapi udah keriput, keriput banget, sampe ada bintik-bintik gitu di kulit tangan dan mukanya. Model kepalanya agak bunder (menjurus peyang) dengan rambut udah full ubanan. Matanya agak sipit, hidung cukup mancung, kumis+jenggot sama sekali gak ada. Kalo gigi, aku nggak liat soalnya dia mingkem terus. Dia pake kemeja warna biru muda keungu-unguan kotak-kotak kecil transparan (gimana coba?), celana bahan panjang warna krem, terus pake sandal Pakalolo yang menurut feeling-ku dia beli di Matahari. Dia pake kacamata kedodoran yang bentuknya bulat, bunder. Selain itu, dia juga pake topi warna abu-abu yang bentuknya kayak kabaret pramuka. Dan sepertinya kakek-kakek ini gak pake deodoran, soalnya pas dia deket agak-agak bau gimana gitu, baunya mirip banget sama ketekku (atau jangan-jangan itu emang bau ketekku? Ah, tidak mungkin).

Setelah ngelirik si kakek selama 3 detik, aku kembali liat buku-buku di rak tepat di depanku. Rak buku sastra. Di antara buku-buku sastra itu, terdapat beberapa karya Pramoedya Ananta Toer. Dan aku cukup kaget ketika ngeliat salah satu buku Pramoedya Ananta Toer yang ada foto dirinya. Judul bukunya aku lupa, yang jelas ada fotonya dia di cover. Aku kaget ngeliat foto tersebut. Dalam perasaan kaget itu aku merasa “kog kayaknya gak asing ya?”

Ahh.. aku langsung inget. Aku noleh ke kakek-kakek tadi. Dua detik. Lalu balik liat buku. Liat kakek lagi. Liat buku lagi. Liat kakek lagi. Gitu terus sampe kiamat. Dan demi Tuhan, si kakek itu miriiiipp banget sama  foto Pramoedya Ananta Toer di cover buku-yang-aku-lupa-judulnya.

Aku merinding.

Aku berpikiran bodoh banget, mengira bahwa dia adalah hantunya Pram. Memang bodoh, tapi aku tetep merinding. Bulu kudukku berdiri semua. Gak cuma bulu kuduk yang berdiri, bulu hidung juga, sampe susah napas. Karena takut dia beneran hantu yang bisa sewaktu-waktu nggigit leher dan ngisep darahku sampe aku anemia, maka aku memutuskan menghindari si kakek mirip Pram (SIKAMIPRAM). Ya, mulai sekarang kita sebut saja dia SIKAMIPRAM.

Aku pindah ke rak yang lain, masih dalam kompleks buku-buku sastra. Ee gak taunya SIKAMIPRAM juga ikutan pindah. Ngikutin aku. Aneh, sumpah kakek ini aneh. Posisi dia jadi kembali di sebelahku, tapi kali ini di sebelah kiri. Aku mencoba untuk biasa-biasa saja, nggak nunjukin muka ketakutan meski sebenarnya merinding. Kali ini bukan merinding karena takut dia hantu, tapi aku takut jangan-jangan dia adalah anggota sindikat kakek homo yang pengen ngajak kenalan dan ngajak aku kencan. Amit-amit.

Suatu moment, aku nyoba ngambil sebuah novel karangan Dewi Dee Lestari berjudul Madre yang ada di bagian paling bawah rak. Aku pun jongkok. Saat lagi lagi jongkok itu, tanpa motivasi yang jelas aku ngelirik ke kiri, ke arah SIKAMIPRAM. Siapa tau kaki si kakek nggak nyentuh tanah. Emang ya, rasa takut membuat kita menjadi parnoan. Pas aku ngelirik ke kiri, ee si kakek malah hadap kiri. Dia memutar badannya 90’ ke kiri, sehingga posisi dia sekarang persis membelakangiku. Karena posisiku jongkok, kepalaku berada sejajar sama bokongnya SIKAMIPRAM. Jarak antara kepalaku dengan bokongnya hanya setengah meter. Dan saat itulah malapetaka terjadi.

Tanpa ada firasat apapun, tiba-tiba terdengar suara “preeeetttttt”. Yang langsung diikuti hempasan angin kecil yang menerpa telingaku sebelah kiri. Aku oleng. Anginnya sih pelan, tetapi melumpuhkan. Efeknya dalam sekejap sampai ke hidung. Hidungku dijejali bau bangkai. Efeknya terus merambat sampai ke hati. Hatiku misuh-misuh “KAMPRET LU KEK UDAH TUA KENTUT SEMBARANGAN!!! KENA MUKA NEH!! KENA MUKA!!”

Mukaku dikentutin gitu aja coba. Gembel.

Aku doain silitnya ambeyen.

Yang paling aku nggak habis pikir, SIKAMIPRAM ini bersikap biasa-biasa saja. Biasa banget. Dia tetep berdiri sambil baca buku. Seolah tidak terjadi apa-apa. Dia tidak merasa hampir saja membunuh anak orang. Gembel banget emang. Coba aku lagi pegang buku 7 Keajaiban Rezeki-nya Ippho “Right” Santosa yang covernya keras, pasti udah aku gebukin ke palanya si kakek itu. Sayang, buku Madre yang lagi aku pegang cover+isinya tipis. Beruntung kau, kek!

Setelah itu, aku ngacir kabur, ngajak adekku+beberapa temennya buat udahan, takut keburu keracunan gas.

Ini Pramoedya apa Einstein?

***

PS : Jika kamu yang kebetulan baca tulisan ini, dan kebetulan memiliki kakek dengan ciri-ciri di atas, tolong diomongin ya, kentut di ruangan ber-AC itu tidak baik.

PS 2 : Thanks buat Ardista Khairina udah buatin ilustrasi. Karakter Fahmi yang kamu ciptakan lebih ganteng dari aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar